Minggu, 29 Maret 2009

Gulma air

Gulma air terdiri dari 3 kelompok yaitu:
1. Kelompok mengapung (floating), contohnya Eichornia crassipes (enceng gondok, water hyacinth), Salvinia spp. (Salvinia), Pistia stratiotes (water lettuce). Familia enceng gondok (Pontederiaceae) terdiri dari 6 genus, yaitu: Eichornia, Reussia, Heteranthera, Hydrothrex, Pontederia, dan Monochloria. Sedang genus Eichhornia mempunyai 5 spesies, yaitu: E. crassipes, E. paradox, E. paniculata, E. azurea, dan E. diversifolia. Familia Salvinia (salviniaceae) mempunai genus salvinia dan spesies: S. molesta, S. natans, S. cuculata, dan S. nolesta.
2. Kelompok yang hidup di bawah permukaan air (submerged), terdapat dua contoh utama ialah: Hydrilla verticullata (hidrola) dan Myriophyllum spicatum (water milfoil).
3. Kelompok yang mempunyai perakaran yang tumbuh meluas di permukaan air (emergent), dengan contoh: Thypa spp. (cattails), Cyperus papyrus (papyrus), Scirpus sp. (bulrush), dan Phragmites comminis (fragmit reed).

Taken from Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma book, written by Dr. Ir. Jody Moenandir, Dipl. Agr. Sc. (1988), Rajawali Press, Jakarta.
by: Milla Imania, March 24th, 2009

Tidak ada komentar: